Koperasi Simpan Pinjam Diminta Jangan Rugikan Anggota di Saat Pandemi

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Indeks Artikel

 
Kementerian Koperasi dan UKM meminta agar pelaku koperasi simpan pinjam (KSP) untuk tidak merugikan anggotanya di tengah pandemi Covid-19 dan tetap menjalankan prinsip-prinsip perkoperasian.

“Kami bekerja sama dengan pihak kepolisian dan aparat hukum lainnya, akan menindak tegas koperasi yang nyata-nyata merugikan masyarakat di tengah bencana pandemi ini,” kata Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Rully Indrawan, dalam pertemuan virtual dengan para pelaku KSP secara virtual.

Kebutuhan keuangan masyarakat menjelang lebaran, kata dia, sebagaimana diketahui akan meningkat sehingga manajemen koperasi harus sudah mengantisipasi lonjakan kebutuhan itu.

“Jangan menghalangi-halangi anggota untuk mendapat hak sesuai peraturan, agar koperasi mendapat kepercayaan anggota dan masyarakat,” katanya.

Dia menyampaikan, pandemi ini akan menyebabkan koperasi mengalami kesulitan likuiditasnya. Namun, LPDB-KUMKM telah menyediakan skema untuk itu, meskipun tetap dengan  prosedur kehati-hatian dan kepatutan jumlah yang diajukan.

Dia mengatakan, di tengah keadaan seperti ini, pemerintah menyadari tidak mungkin mampu menyelesaikannya sendiri tanpa melibatkan seluruh komponen bangsa sesuai dengan kapasitas dan posisinya.

Namun disadari bahwa belum seluruh komponen masyarakat bisa diajak terlibat secara optimal dalam menghadapi peliknya persoalan ini.